Anda Perawat Pemula dan Ingin Punya Klinik atau Praktik Mandiri ?

Sebagai perawat, pasti pernah membayangkan punya tempat praktik mandiri, bukan? Eits, jangan hanya dibayangkan, tapi mari kita wujudkan.

Bila Anda seorang perawat dan benar-benar ingin memiliki tempat praktik pribadi, maka saya mencoba berbagi tips dan trik dasar untuk mulai membangun impian Anda dengan mudah.

Tips berikut ini merujuk dari pengalaman pribadi dan juga teman-teman yang telah memiliki praktik mandiri keperawatan. Semoga tips ini membantu Anda untuk berani memulai sesuatu dan segera meraih apa yang Anda impikan, yaitu mempunyai praktik pribadi atau praktik keperawatan mandiri !

Ketika ingin membangun tempat praktik mandiri, maka banyak pertanyaan yang timbul.
Minimal ada 3 (tiga) pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan teman-teman khususnya perawat pemula saat ingin membuka klinik atau pratik mandiri keperawatan:

Bisa nggak ya buka klinik perawat praktik mandiri ?
Susah nggak sih?
Biayanya mahal ?
Dengan situasi dan regulasi berdasarkan undang-undang keperawatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia saat ini, maka langsung saya jawab “Sangat bisa!”.

Kalau orang lain bisa, kenapa anda tidak bisa? Bahkan anda bisa membuat dengan tampilan “berbeda dan lebih baik” sesuai kebutuhan zaman!

Dan kalau mengenai susah atau tidak, ya namanya usaha pasti ada kesusahannya.
Buat saya, susah tidak menjadi masalah karena saya menyukainya..!

Membangun klinik keperawatan ibarat mendaki gunung; sebagian orang tidak mau mendaki gunung karena berbagai alasan. Ada yang mengeluh sulit dan tidak punya duit, tidak punya tenaga, atau merasa tidak mampu. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mau bersusah payah mendaki puncak gunung dan bahkan berlomba untuk menaklukkan gunung tertinggi.

Tentang biaya, dulu saya juga berpikir kalau ini menjadi tantangan terbesar. Kini dari pembelajaran selama ini, saya bisa mengatakan bahwa tidak adanya dana hendaknya jangan dijadikan penghalang utama yang menyurutkan semangat Anda untuk memulai membuka praktik mandiri keperawatan anda. Tetap semangat, dan percayalah dana bisa dicari dan punya solusi !

Saya dulu pernah waktu baru mau ajukan perijinan praktik mandiri keperawatan, jujur sempat dihantui ketakutan karena pengetahuan terkait membuka praktik mandiri sangat minim ditambah juga dana (keuangan) yang saya miliki sangat tidak memungkinkan. Karena dibenak saya saat itu untuk mendapatkan surat ijin praktik mandiri keperawatan pasti sangat rumit dan menelan biaya belasan juta bahkan puluhan juta, namun setelah berani melangkah mengajukan ke dinkes setempat ternyata tidak serumit dan sebesar biaya yang saya bayangkan. Ternyata waktu itu saya mengeluarkan biaya sekitar 200 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan Surat Izin Praktik Perawat (SIPP) seperti yang terlihat di crop gambar berikut.
SIPP saya ini dulu masih merujuk permenkes 1239. 
Di sebuah postingan di grup super, teman-teman juga pernah punya cerita dan memberi masukan terkait cara atau tips mewujudkan praktik mandiri. Katanya, kalau tidak bisa mendanai sendiri dari awal, maka tidak ada salahnya mengajak rekan-rekan yang berdekatan wilayahnya untuk patungan (urunan). Bagi yang punya tempat... urunan tempatnya, yang punya peralatan... urunan peralatannya, yang punya tenaga dan waktu.., urunan tenaga dan waktunya, hingga akhirnya berdiri sebuah tempat Praktik Mandiri Bersama.

Jadi, kekhawatiran tentang biaya adalah sesuatu yang wajar dan penting, justru dengan demikian menjadi alarm yang membantu mengingatkan kita agar berhati-hati, apalagi saat memulai membangun praktik di klinik mandiri, kita belum mempunyai pengalaman sebelumnya.

Perkara  membangun klinik atau praktik mandiri keperawatan itu susah atau gampang, mampu atau tidak, ada atau tidak ada dana, semuanya itu relatif. Semua akan bisa diatasi tergantung dari seberapa kuat keinginan dan seberapa banyak pengetahuan Anda. Langkah awal yang terpenting adalah Anda sudah memimpikan, punya niat serta memikirkannya!

Ingat, dengan memimpikan dan memikirkannya saja Anda sudah setengah jalan mendekati kesuksesan untuk memiliki sebuah klinik atau praktik mandiri keperawatan.

Banyak cerita orang sukses di dunia yang mengatakan bahwa kesuksesan mereka berawal dari niat atau kesukaan mereka terhadap sesuatu. Hal ini kemudian menjadi pendorong utama mereka melangkah maju, memikirkan dan segera bertindak untuk menjadikan  niat dan mimpi mereka menjadi nyata, apapun rintangannya.

Demikian tips dan trik mendasar yang bisa saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa menjadi dorongan semangat agar berani bermimpi dan mulai action mewujudkan sebuah klinik atau praktik keperawatan mandirinya masing-masing.
Salam Super



BUTUH PANDUAN PENDIRIAN DAN PELAKSANAAN PRAKTIK KEPERAWATAN MANDIRI (Terbaru)  ?

SK-Pedoman-Praktik-Keperawatan-Mandiri Bisa akses di forum FB Suara Perawat (Pdf,73 halaman) Klik DISINI (FREE Download)

You Might Also Like

7 komentar

  1. Wah keren, udah buka praktik aja Mas Firman ne, :D, Btw spesifiknya pelayanan apa yang diberikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cuma kisah dulu saat awal mengajukan SIPP. Layanan perawatan umum. Thanks sudah berkenan singgah dan komentar. salam super

      Hapus
  2. Persyaratan apa saja yang di butuhkan saat pengajuan ijin ke dinkes ??? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas ..SK-Pedoman-Praktik-Keperawatan-Mandiri Bisa akses di forum FB Suara Perawat (Pdf,73 halaman) Klik link dibawah artikel diatas (FREE Download di grup Super)

      Hapus
  3. Wah sangat bermanfaat, kebetulan sedang ingin membuka praktik keperawatn didaerah saya. Makasih artikelnya, semakin memantapkan aaya utk usaha dibidang keperawatan (y)

    BalasHapus
  4. terima kasih atas inspirasi yang dibagikan lewat artike ini, cukup menarik dan sangat bermanfaat..

    Bagi teman-teman yang ingin me-manage klinik-nya dengan lebih mudah, dapatkan tips-nya dengan mengunjungi https://ahlikeuangan.com

    BalasHapus